kembali
ke Indeks

 

Pengantar

ASAH Indonesia Tur II
25 Maret - 19 Mei

 
 


Musik adalah bahasa universal yang gemanya selalu mewarnai keseharian kita, berbagai ragam jenis musik telah berkembang dan mencari pangsa pasarnya sendiri, hal ini menimbulkan stigma yan
g sebenarnya tidak perlu terjadi dimana kemudian timbul anggapan bahwa jenis musik tertentu hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu.

Seperti halnya anggapan bahwa musik klasik hanya bisa dinikmati oleh kalangan elite dan diselenggarakan di kota-kota besar, di satu sisi anggapan ini menjadi kendala tersendiri bagi musik klasik untuk dapat dikenal dan diterima secara luas. Sementara di sisi lain masyarakat yang memiliki anggapan tersebut cenderung bersikap pasif dan menerima persepsi yang belum tentu benar ini sebagai sebuah realitas, dan tidak berusaha untuk mengenal jenis musik yang satu ini.

Keprihatinan ini melahirkan gagasan bagi Mikhail David (visual artist), bersama Ary Sutedja (pemain piano) dan Asep Hidayat ( pemain cello ) ~ dua musisi klasik Indonesia yang telah melanglang buana di mancanegara ~ yang kemudian telah memulai serangkaian konsernya di 20 kota di Indonesia dalam ASAH Indonesia Tour sepanjang 2006 2007, untuk memperkenalkan jenis musik klasik kepada masyarakat luas di satu sisi, dan menggugah nalar kritis penonton dalam dialog serta happening arts di mana Mikhail David melukiskan atmosfer yang terjadi selama konser berlangsung secara spontan di atas kanvas. Kolaborasi yang manis ini memperoleh berbagai tanggapan penonton di kota-kota yang disinggahi dari questionnaire yang dibagikan, yang pada umumnya positif.

Melanjutkan sukses perjalanan ini, JakArt kembali menggelar rangkaian ASAH Indonesia Tour II ~ 2008, yang merencanakan untuk mengunjungi 25 kota di Indonesia. Dengan semangat kolaborasi, kali ini JakArt juga akan menghadirkan seniman tamu diantaranya Rene van Helsdingen ( pemain piano jazz dari Belanda), P.Insia M. Effendi (pemain piano), Trisutji Kamal (komponis), Gotot Prakosa ( Sutradara Film), Sari Madjid ( Teater ) dan terbuka kemungkinan untuk seniman lain ikut bergabung. Pertunjukan yang disajikan akan diwarnai berbagai bentuk kolaborasi, dari musik klasik, jazz, pembacaan puisi, monolog, teater, pemutaran film, tari, diskusi dan workshop, serta bentuk kreatifitas lain yang menunjang pendidikan. Selain itu, ASAH Indonesia Tur ini juga dimaksudkan untuk menjalin jaringan kerja dalam rangka program sekolah seni.

Perjalanan ini akan memberikan wacana baru dalam mengajak masyarakat ikut berekspresi dan mengalami proses kreatif serta diharapkan dapat menjadi awal dari kebangkitan masyarakat untuk belajar memahami demonstrasi yang konstruktif dari berbagai manifestasi seni.

 Selamat menikmati.

 
   


 Sekretariat JakArt: Jln. Lebak Bulus II / 20 A, Cilandak Jakarta 12430, INDONESIA
Tel/ fax: + 62-21-75907687,
Tel: + 62-21-70830742, email: proseni@indosat.net.id